Download POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022

Download POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022
Dalam rangka menjamin dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM) di seluruh Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 455 Tahun 2022 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah diantaranya adalah Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik Pada akhir jenjang pendidikan.

Ujian madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas pada satuan pendidikan baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal umum yang diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan Madrasah Aliyah (MA) atau Madrasah Aliyah kejuruan (MAK), sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur capaian standar kompetensi kelulusan bagi peserta didik





Untuk lebih jelasnya tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah Tahun 2021/2022 silahkan dibaca dan download pada dokumen dibawah ini :

 

Demikian Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022, semoga bermanfaat. Amin.

Post a Comment

Terimakasih untuk anda telah berkomentar di postingan ini

Previous Post Next Post