Soal 1
Kompetensi Dasar
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel.
|
Materi
|
Persamaan nilai mutlak dari bentuk linier satu
variabel
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menyelesaikan persamaan nilai mutlak dari
bentuk linier satu variabel
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Nilai x yang memenuhi persamaan -5|x - 7| + 2 = -13 adalah ....
A. x = -4 atau x = 10
B. x = 4 atau x = 10
C. x = 4 atau x = -10
D. x = -4 atau x = -10
E. x = 24/5 atau x = -12
Pembahasan
-5|x - 7| + 2 = -13
-5|x - 7| = -13 - 2
-5|x - 7| = -15
|x - 7| = 3
Cara 1
Dari definisi persamaan nilai mutlak diperoleh :
untuk x 7
x - 7 = 3
x = 3 + 7
x = 10
Untuk x < 7
-(x - 7) = 3
-x + 7 = 3
-x = 3 - 7
-x = -4
x = 4
Jadi nilai x yang memenuhi adalah x = 4 atau x = 10
Cara 2
|x - 7| = 3
x - 4 = 0 atau x - 10= 0
x = 4 x = 10
Jadi nilai x yang memenuhi adalah x = 4 atau x = 10
Kunci Jawaban : B
Soal 2
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan
dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-linear).
|
Materi
|
Petidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linier satu
variabel
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan nilai mutlak
dari bentuk linier satu variabel
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Himpunan penyelesaian dari adalah ....
A. {x| x < 0 atau x > 6}
B. {x| x 0 atau x > 6}
C. {x| x 0 atau x 6}
D. {x| x < 0 atau x 6}
E. {x| x 0 atau x 6}
Pembahasan
Pembuat nol fungsi
x(x - 6) = 0
x = 0 atau x - 6 = 0
x = 6
dengan menggunakan garis bilangan diperoleh
Maka diperoleh nilai x yang memenuhi adalah x 0 atau x 6
Jadi himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan diatas adalah {x| x 0 atau x 6}
Kunci Jawaban : C
Soal 3
Kompetensi Dasar
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear
satu variabel.
|
Materi
|
Sistem persamaan
linier dua variabel
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linier dua variabel
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Harga 3 kg beras dan 2 kg gula di Toko A adalah Rp. 17.000,00; sedangkan di Toko B harga 4 kg beras dan 5 kg gula adalah Rp. 32.000,00. Pada saat itu harga beras dan gula di Toko A dan Toko B sama. Model matematika dari permasalahan tersebut adalah....
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Misal beras = x dan gula = y
maka permasalahan diatas dapat dibuatkan tabel berikut
Dari tabel diatas persamaan linier dua variabelnya adalah3x + 2y = 17.000
4x + 5y = 32.000
Sehingga sistem persamaan liniernya adalah
Kunci jawaban : A
Soal 4
Kompetensi Dasar
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear
satu variabel.
|
Materi
|
Sistem pertidaksamaan
linier dua variabel
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Dua tahun yang lalu umur ayah adalah 7 kali umur anaknya. Empat tahun yang akan datang jumlah umur mereka adalah 44 tahun. Maka umur anak sekarang adalah …. Tahun
A. 3
B. 4
C. 6
D. 7
E. 9
Pembahasan
Misal umur ayah = x dan umur anak = y
Dari pernyataan Dua tahun yang lalu umur ayah adalah 7 kali umur anaknya, diperoleh persamaan
x - 2 = 7(y - 2)
x - 2 = 7y - 14
x = 7y - 12 ...... (1)
Dari pernyataan Empat tahun yang akan datang jumlah umur mereka adalah 44 tahun, diperoleh persamaan
x + 4 + y + 4 = 44
x + y = 36 .........(2)
Substitusikan (1) ke (2)
x + y = 36
7y - 12 + y = 36
8y = 36 + 12
8y = 48
y = 6
substitusi y = 6 ke (1)
x = 7y - 12
= 7.6 - 12
= 42 - 12
= 30
Jadi umur anak sekarang adalah 6 tahun dan umur ayah 30 tahun.
Kunci Jawaban : C
Soal 5
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan dan menentukan
fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara
formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik,
serta sketsa grafiknya
|
Materi
|
Fungsi
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menentukan
daerah asal suatu fungsi aljabar
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Daerah asal dari fungsi adalah....
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Langkah-langkah mencari daerah asal dari bentuk adalah :
1. Tentukan daerah asal dari pembilang
Menentukan Daerah asalah dari
g(x) boleh sama dengan 0
memiliki nilai jika , dan x bilangan real maka
2.Tentukan daerah asal dari penyebut
x + 2 memiliki nilai untuk setiap x bilangan real, tetapi tidak memiliki nilai bilangan real jika h(x) = 0, maka
Perhatikan bahwa penyebut tidak boleh bernilai 0.
Jadi daerah asal dari adalah
Kunci Jawaban : A
Soal 6
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan operasi
komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta
sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
|
Materi
|
Komposisi Fungsi dan Invers
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menentukan
komposisi fungsi
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Diketahui f(x) = x - 5 dan . Fungsi komposisi adalah …
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Kunci Jawaban : B
Soal 7
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan operasi
komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta
sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
|
Materi
|
Komposisi Fungsi dan Invers
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menentukan
invers dari suatu fungsi aljabar
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Diketahui . Invers dari fungsi f(x) adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Cara 1
Jadi invers dari fungsi diatas adalah
Cara 2
1. Jika , maka
2. Jika , maka
Dari soal diatas , diketahui
a = 8, b = 3, c = 1 dan d = 5, maka
Kunci Jawaban : D
Soal 8
Kompetensi Dasar |
Menjelaskan rasio
trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segi
tiga siku-siku.
|
Materi
|
Rasio Trigonometri
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menentukan
nilai dari perbandingan trigonomteri
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Diketahui segitiga ABC siku-siku di B dan . Nilai sin C adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Perhatikan gambar berikut
Dari soal diatas diketahui bahwa .Jika digambarkan segitiga siku-sikunya seperti gambar berikut.
Akan dicari panjang x dengan menggunakan teorema pythagoras
Maka
Kunci Jawaban : A
Soal 9
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan rasio
trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segi
tiga siku-siku.
|
Materi
|
Rasio Trigonometri
|
Indikator Soal
|
Siswa dapat menghitung
nilai sudut istimewa trigonometri
|
Bentuk Soal
|
Pilihan Ganda
|
Rumusan Soal
Nilai dari adalah ....
A. 1
B. 1/2
C. 0
D. -1/2
E. -1
Pembahasan
Perhatikan gambar berikut
Berdasarkan gambar diatas diperoleh
berada di kuadran III dan sin bernilai negatif dan terletak di kuadran III dan tan bernilai positif, maka
Kunci Jawaban : B
Soal 10
Kompetensi Dasar | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus. |
Materi | Aturan sinus |
Indikator Soal | Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda |
Rumusan Soal
Diketahui segitiga ABC memiiki luas 6 . Jika panjang AB = 3 cm dan BC = 4 cm, maka besar ABC adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Perhatikan gambar berikut
Dari gambar diatas diperoleh :
Misal , maka
Sementara luas segitiga ABC adalah
Karena , maka besar =
Kunci Jawaban : A
Soal 11
Kompetensi Dasar | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus. |
Materi | Aturan cosinus |
Indikator Soal | Siswa dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan aturan cosinus |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda |
Rumusan Soal
Sebuah kapal berlayar dari pelabuhan A ke pelabuhan B sejauh 60 mil dengan arah dari A, kemudian berputar haluan dilanjutkan ke pelabuhan C sejauh 90 mil dengan arah dari B. Jarak terdekat dari pelabuhan A ke pelabuhan C adalah....
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Arah kapal dapat digambar sebagai berikut
Perhatikan bahwa
Dengan menggunakan aturan cosinus diperoleh
Ingat bahwa pada kuadran kedua cosinus bernilai negatif, sehingga
Jadi jarak terpendek dari pelabuhan A ke pelabuhan B adalah mil
Kunci Jawaban : Tidak ada yang benar
Soal 12
Kompetensi Dasar | Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linier dua varaibel. |
Materi | Program linier dua variabel |
Indikator Soal | Disajikan grafik sistem pertidaksamaan linier dua variabel, siswa dapat menentukan nilai optimum fungsi obyektif |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda |
Rumusan Soal
Perhatikan gambar berikut.
Nilai maksimum dari fungsi obyektif Z = 2x + y adalah ....
A. 10
B. 16
C. 20
D. 40
E. 50
Pembahasan
Dari gambar diatas kita tidak perlu mencari persamaan garis dan titik potong kedua garis, karena titik potong kedua garis terletak di luar daerah penyelesaian.
Langkah 1. Menentukan titik-titik potong terhadap sumbu koordinat
Titik potong grafik terhadap sumbu koordinat adalah (2,0), (10,0), (0,8) dan (0,10)
Langkah 2. Substitusi semua titik potong ke fungsi obyektif
(2,0) diperoleh Z = 2.2 + 0 = 4
(10,0) diperoleh Z = 2.10 + 0 = 20
(0,8) diperoleh Z = 2.0 + 8 = 8
(0,10) diperoleh Z = 2.0 + 10 = 10
Terlihat bahwa nilai maksimum fungsi obyektif adalah Z = 20
Kunci Jawaban : C
Soal 13
Kompetensi Dasar | Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan dan pengurangan, perkalian skalar, perkalian dan transpose matriks. |
Materi | Matriks |
Indikator Soal | Siswa dapat menentukan hasil opersi campuran matriks |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda |
Rumusan Soal
Diketahui matris , , dan . Jika A - B = Adj C, maka nilai x + y adalah....
A. -5
B. 2
C. 6
D. 11
E. 12
Pembahasan
A - B = Adj C
Dari kesamaan matriks diatas diperoleh :
5 - y = 5
y = 0
x - 2 = -7
x = -7 + 2
x = -5
Jadi x + y = - 5+ 0 = -5
Kunci Jawaban : A
Soal 14
Kompetensi Dasar | Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan dan pengurangan, perkalian skalar, perkalian dan transpose matriks. |
Materi | Matriks |
Indikator Soal | Siswa dapat menentukan hasil opersi campuran matriks |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda |
Rumusan Soal
Diketahui matriks , , dan . Nilai n yang memenuhi persamaan adalah ....
A.
B. -2
C.
D. 2
E.
Pembahasan
Dari kesamaan matriks diatas diperoleh
1 = 3n + 7
3n = 1 - 7
3n = -6
n = -2
Kunci Jawaban : B
Soal 15
Kompetensi Dasar | Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2x2 dan penerapan dalam transformasi (dan komposisi transformasi) geometris |
Materi | Matriks dan Transformasi |
Indikator Soal | Siswa dapat menentukan invers matriks |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda |
Rumusan Soal
Jika matriks , dan . Invers dari matriks P adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
Pembahasan
Langkah 1. Selesaikan perkalian
Langkah 2 : Cari adjoin dari matriks P
Langkah 3 . Hitung Invers dari matriks P
Kunci Jawaban : B
Post a Comment
Terimakasih untuk anda telah berkomentar di postingan ini