Pengertian Metodologi, Metode, Model, dan Teknik Pembelajaran

Pengertian Metodologi Pembelajaran

Berdasarkan Permendikbud No. 103 Tahun 2014 dan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, metodologi pembelajaran adalah proses terjadinya interaksi peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik, dan peserta didik dengan sumber belajar untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian.



Pengertian Metode Pembelajaran

Dalam bahasa Inggris, method berarti cara. Apabila kita kaitkan dengan pembelajaran, metode adalah cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa. Karena metode lebih menekankan pada peran guru, istilah metode sering digandengkan dengan kata mengajar, yaitu metode mengajar.

Menurut Fred Percival dan Ellington (1984) dalam Milan Rianto (2006:6), metode adalah cara yang umum untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik atau mempraktekkan teori yang telah dipelajari dalam rangka mencapai tujuan belajar. Selanjutnya Isrok’atun dan Amelia Rosmala (2018: 38) metode pembelajaran diartikan sebagai cara dalam melakukan sesuatu atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik untuk menerapkan strategi pembelajaran. 

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang diaplikasikan oleh siswa dan guru sebagai implementasi terhadap penerapan strategi pembelajaran. Batasan ini hampir sama dengan pendapat Reigeluth (dalam Conny Semiawan, 1997) yang mengartikan bahwa metode mencakup rumusan tentang pengorganisasian bahan ajar, strategi penyampaian, dan pengelolaan kegiatan dengan memperhatikan tujuan, hambatan, dan karakteristik peserta didik sehingga diperoleh hasil yang efektif, efisien dan menimbulkan daya tarik pembelajaran.

Berbagai pendapat di atas, menunjukkan bahwa metode berhubungan dengan cara yang memungkinkan peserta didik memperoleh kemudahan dalam rangka mempelajari bahan ajar yang disampaikan oleh guru.

Berdasarkan beberapa pendapat tadi maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana/strategi pembelajaran, yang sudah disusun dalam bentuk kerja nyata dan praktis. Langkah-langkah cara pembelajaran disusun secara terurut sesuai dengan sintak pembelajaran dan strategi pembelajaran. Setiap langkah pembelajaran saling terkait satu dengan yang lain sehingga mampu menggambarkan suatu pembelajaran yang jelas dan mampu memfasilitasi siswa dalam memahami materi atau konsep pelajaran.




Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.

Model pembelajaran memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar dari para ahli tertentu;
  2. mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu;
  3. dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar di kelas;
  4. memiliki bagian-bagian model yang dinamakan: sintaks, prinsip reaksi, sistem sosial, dan sistem pendukung;
  5. memiliki dampak sebagai akibat terapan model pembelajaran;
  6. membuat persiapan mengajar dengan model pembelajaran yang dipilih.

Pengertian Teknik Pembelajaran

Selanjutnya metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan taktik pembelajaran. Dengan demikian, teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.



Selanjutnya untuk membahas sintaks dari berbagai model pembelajaran yang direkomendasikan pada pembelajaran Kurikulum 2013 silahkan klik LINK INI.

Post a Comment

Terimakasih untuk anda telah berkomentar di postingan ini

أحدث أقدم