Panduan Membuat Survey dengan Microsoft Forms Office 365 Education

Apa itu Microsoft Forms ?

Microsoft Forms adalah aplikasi sederhana dan ringan yang memungkinkan Anda membuat survei, kuis, dan polling dengan mudah. Dalam pendidikan, kuis dapat digunakan untuk membuat kuis, mengumpulkan umpan balik dari guru dan orang tua, atau merencanakan aktivitas kelas dan staf. Di organisasi bisnis, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan, mengukur kepuasan karyawan, meningkatkan produk atau bisnis Anda, atau menata acara perusahaan.

A. Membuat Survey Microsoft Forms

Langkah-langkah

  • Masuklah ke akun Office 365 anda melalui office.com atau forms.office.com
  • Dari halaman home akun anda klik Ikon Forms di sebelah kiri layar

Atau Klik Tollbars semua aplikasi/All Aplication di sebelah kiri layar


  • Klik Tanda panah sebelah kanan kuis baru dan klik Formulir baru


  • Halaman Forms


  • Isi judul Formulir (secara otomatis menjadi nama file forms). Misal buat judulnya "FORM PENGUMPULAN DATA DIRI SISWA"


  • Menambahkan pertanyaan di form
Langkah-langkah
  • Klik tombol Tambahkan baru
  • Pilih jenis pertanyaan yang akan dibuat misal teks


  • Mengisi pertanyaan

  • Membuat sub judul untuk membuat deskripsi/petunjuk dari pertanyaan dan cara mengisi pertanyaan

  • Untuk menambahkan pertanyaan klik tombol Tambah baru dan ikuti langkah-langkah diatas.

B. Pengaturan Tema Form

Untuk merubah tema dari form ikuti langkah berikut.
  1. Klik Tema
  2. Pilih tema yang diinginkan


C. Melihat Preview/Pratinjau Form

Untuk melihat pratinjau/preview dari form dengan cara klik tombol preview/pratinjau


Tampilan di komputer/dekstop

Tampilan di Seluler/Smartphone


D. Pengaturan Berbagi/Share Forms

Langkah-langkah mempersonalisasi pengaturan berbagi/share pada form adalah :/
  • Klik tombol Bagikan/Share
  • Pada bagian kirim dan kumpulkan respon/Send and collect responses ada 3 pilihan 
  1. Siapapun dapat menjawab / Anyone can respond artinya siapapun yang memiliki link dari form ini bisa merespon/menjawab tanpa memiliki akun office 365
  2. Hanya orang di organisasi saya yang bisa merespon / Only people in my organization can respond artinya hanya orang yang memiliki akun satu tenan dengan pemilik form yang bisa menjawab, misalnya hanya akun guru inovatif saja, atau hanya akun sekolah saja.
  3. Orang tertentu di organisasi saya yang bisa merespon/Specific people in organization can respond artinya orang-orang tertentu di akun dengan tenan yang sama bisa merespon (disarankan pilih 1 atau 2)
  • Copy link forms untuk dibagikan ke orang lain
  • Centang kotak cekbox Sorten URL/perpendek URL jika ingin memperpendek URL forms



E. Pengaturan / Settings Forms

Langkah-langkah melakukan Pengaturan atau Settings Forms adalah
  1. Klik titik tiga di sebelah kanan tombol Bagikan/Share
  2. Klik Settings
  3. Pada bagian Siapa yang dapat mengisi formulir ini/Who can fill out this form mengikuti hasil settingan di berbagi/share yang pernah dilakukan
  4. Pada bagian Opsi untuk respon/Options for responses, centang cekbox menerima respon/accept responses. Jika cekbox ini tidak tercentang maka formulir tidak bisa menerima respon dan tidak bisa dibuka oleh responden.
  5. Untuk melakukan pengaturan batas pengisian formulir bisa diatur di cekbox Start Date dan End Date



Setelah melakukan pengaturan-pengaturan diatas maka formulir sudah siap dibagikan ke responden.
Untuk panduan membuat kuis/quiz dengan Microsoft Forms dapat dilihat DISINI.

Demikian ulasan Panduan membuat survey dengan Microsoft Forms, semoga bermanfaat. Komentar dan saran tetap kami harapkan yang dapat diisi dari kolom kementar dibawah. Terimakasih 😀

2 Comments

Terimakasih untuk anda telah berkomentar di postingan ini

  1. Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya pak, tentunya akan semakin bermanfaat jika bisa berdiskusi melalui postingan ini.

      Delete

Post a Comment

Terimakasih untuk anda telah berkomentar di postingan ini

Previous Post Next Post