Optimalisasi MS Word Online Untuk Kolaborasi Menyelesaikan Dokumen Bersama di Waktu Yang Sama

Pada saat ini pembelajaran Blanded Learning tidak bisa dihindari lagi. Banyak pilihan plaftform untuk pembelajaran ini, tidak sedikit lembaga pendidikan menggunakan LMS (Learning Management System) untuk pembelajaran di lembaganya.

Untuk mendukung pembelajaran daring ini, Microsoft memberikan layanan gratis dengan berbagai aplikasi yang terhimpun dalam Office 365 For Education.

Kali ini akan dibahas optimalisasi Microsoft Word Online untuk kolaborasi menyelesaikan dokumen bersama. Pembahasan aplikasi lain dari Office 365 ini bisa dipelajari melalui LINK INI.

Selama ini Aplikasi Microsoft Word optimal digunakan oleh semua kalangan untuk kepentingan pengolahan data untuk keperluan organisasi secara offline. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Microsoft Word versi online tidak kalah penting dan bermanfaatnya dalam menyelesaikan sebuah dokumen secara bersama-sama di waktu yang bersamaan.

Penggunaan Microsoft Word Online dalam Kerja Kolaboratif

Langkah-langkah Pemanfaat Microsoft Word dalam berkolaborasi menyelesaikan tugas proyek kelompok

  • Masuklah dengan akun Office 365 sampai muncul dashboard Office 365 seperti gambar berikut

  • Klik toolbars Word akan muncul halaman seperti pada gambar berikut.
  • Klik + New blank document untuk membuat layar kerja baru

  • Tampilan layar kerja Word Online seperti gambar berikut

  • Untuk membuat nama file klik nama file yang ditandai merah kotak merah no 1
  • Masukkan nama file yang diinginkan pada kotak File name, kotak yang ditandai merah no 2.
  • Setelah selesai memasukkan nama secara otomatis nama file akan tersimpan
  • Untuk menentukan lokasi penyimpanan klik panah pada kotak Location dan tentukan lokasi folder penyimpanan di OneDrive

  • Klik Nama folder tempat menyimpan file yang diinginkan
  • Setelah terbuka folder yang diinginkan klik tombol Move here dan file akan tersimpan di folder tersebut.

  • Buatlah kerangka laporan yang sudah ditetapkan seperti gambar berikut.

Langkah selajutnya mengundang orang lain untuk berkolaborasi menyelesaikan laporan diatas.

Langkah mengirim undangan kolaborasi untuk orang didalam satu organsisasi
  • Klik tombol share
  • Di kotak Send Link pilih People ini Guru Inovatif (tergantung nama organisasi) with the link can view
  • Jangan lupa klik kotak centangan Allow Editing
  • Klik Apply


  • Ketik nama akun orang-orang yang mau diajak kolaborasi di kotak Add another kemudian klik nama yang muncul
  • Tulislah pesan penting mengenai dokumen di kotak message
  • Setelah itu klik tombol Send
  • Sebuah email akan terkirim ke orang-orang tersebut ke Outlock masing-masing.
  • Pada akun teman kolaborasi Klik Outlock
  • Dan akan masuk email permintaan ke kotak inbok
  • Klik email tersebut
  • Klik nama file yang mucul

  • Selanjutnya kita akan diarahkan ke dokumen bersama untuk diselesaikan secara bersama dan bisa diwaktu yang sama pula. Seperti gambar berikut.

Dengan demikian kita bisa menyelesaikan suatu dokumen bersama dengan cepat dan tepat waktu.

Selanjutnya untuk pemahasan optimalisasi MS Word Online untuk pembelajaran di pembelajaran daring bisa dibaca pada LINK INI.

Post a Comment

Terimakasih untuk anda telah berkomentar di postingan ini

Previous Post Next Post